breaking news New

Fakta Unik Negara Belanda Yang Belum Kamu Ketahui

Negara Belanda merupakan negara yang paling padat di Eropa. Tercatat permeter perseginya dihuni oleh kurang lebih 400 orang. Disamping itu, negara Belanda merupakan negara yang sepertiga wilayahnya berada dibawah permukaan laut. Lalu bagaimana bisa wilayah Belanda tidak tenggelam sejak dulu? Fakta unik ini akan dibahas dalam fakta unik negara Belanda yang belum kamu ketahui.

1. Pulau Run ditukar New York
Wilayah New York ditukar pulau kecil di Indonesia. Pesona rempah-rempah di Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa barat untuk datang ke Indonesia. Bahkan tidak jarang bangsa Eropa rela berperang satu sama lain untuk memperebutkan rempah-rempah. Salah satu pulau penghasil buah pala yakni Pulau Run, menjadi wilayah paling diperebutkan pada abad ke-17. Saking pentingnya, wilayah Pulau Run yang waktu itu dikuasai oleh Inggris, ternyata pernah ditukar oleh kota New York, Amerika, yang pada waktu itu menjadi wilayah jajahan Belanda. Hal ini terjadi ketika Belanda dan Inggris melakukan perjanjian Breda pada 31 Juli 1667. Isi perjanjian tersebut berisi tukar guling Wilayah pulau Run, Maluku, dengan wilayah Manhattan di New York, Amerika. Tapi, selang 3,5 abad kemudian, New Amsterdam atau yang kini dikenal sebagai New York, berkembang menjadi kota maju, bahkan kota bisnis terbesar di dunia.

2. Lautnya Berada Di Atas Daratan
Sepertiga Wilayahnya Berada Di Bawah Permukaan Laut. Selain dikenal dengan sebutan Negeri Kincir Angin, Belanda juga dikenal dengan negara DAM. Sebutan ini diberikan karena jumlah bendungan yang banyak di negara tersebut. Hal ini tidak terlepas dari fakta, bahwa wilayah negara Belanda, sepertiganya berada dibawah permukaan laut. Daerah terendah di Belanda berada pada 6,7 meter di bawah permukaan laut. Bahkan Ibukota negara Belanda yaitu Amsterdam, dikenal sebagai salah satu ibukota dunia, yang ketinggian wilayahnya ada di bawah permukaan laut. Amsterdam sendiri berada pada ketinggian 3,6 m dibawah permukaan laut.