breaking news New

Jangan Biarin Rasa Lapar Menyerang! Cobain Langsung 3 Kuliner Khas Pinrang

Kalau kamu lagi di Sulawesi Selatan, sepertinya kamu wajib ke Pinrang. Daerah ini memiliki mayoritas penduduk warga Bugis dengan kebudayaan Bugis yang cukup kuat. Pinrang juga memiliki berbagai macam kuliner dengan rasa yang identic dan kuat.

Kamu wajib cobain langsung 3 rekomendasi kuliner khas Pinrang ini.

1. Beppa Cella atau Cucuru Te’ne

Sangat menarik ya namanya. Apakah kamu terasa asing? Kalau kamu melihat langsung makanan ini, kemungkinan besar kamu pernah mencobanya. Camilan ini sangat populer di Indonesia, tidak hanya di Pinrang, makanan ini banyak dijual di daerah lain.

Makanan khas Pinrang ini menggunakan bahan utama tepung beras dan gula merah. Bahan lain yang juga digunakan adalah wijen, tepung terigu, dan minyak goreng pastinya untuk menggoreng makanan ini. Uniknya, Beppa Cella terlihat keras namun ternyata cukup lembut di dalam dan memiliki cita rasa yang manis.

Cara membuatnya adalah cukup dengan mengombinasikan adonan tepung beras, gula merah cair, dan terigu. Kemudian campuran tersebut dibentuk menggunakan sendor berbentuk agak panjang seperti cacing namun tebal. Setelah semua adonan dibentuk, kamu hanya perlu menggorengnya dengan api yang sedang, untuk kemudian disajikan. Cukup mudah bukan? Kamu juga bisa langsung membelinya di pasar tradisional atau toko kue di daerah Pinrang.

2. Nasu Palekko

Makanan ini juga memiliki nama yang unik, Nasu Palekko. Kuliner khas Pinrang ini cukup populer karena cita rasa pedas yang sangat identik dan khas. Makanan ini biasanya disantap langsung atau disajikan dengan nasi yang hangat.

Dalam Bahasa Bugis, Nasu berarti memasak, sedangkan Palekko artinya kuali. Nyatanya, makanan ini memang dimasak menggunakan kuali. Nasu Palekko biasa dihidangkan ketika musim hujan, karena rasa pedasnya bisa menghangatkan tubuhmu.

Nasi Palekko menggunakan daging itik sebagai bahan utamanya, kemudian rempah rempah dan bumbu sebagai bahan dasarnya. Rempah rempah dan bumbu yang dibutuhkan adalah merica, garam, cabai hijau, serai, jahe, bawang putih, bawang merah, cabai merah, lengkuas, dan daun jeruk.

3. Kue Barongko

Rekomendasi kuliner berikutnya adalah Kue Barongko. Makanan khas Pinrang ini terbuat dari pisang kapok atau pisang raja sebagai bahan utamanya. Beberapa bahan dasar lain yang juga dibutuhkan adalah gula pasir, santan, dan telur. Setelah semua adonan dicampur dan diaduk rata, adonan tersebut perlu dibungkus dengan daun pisang sebelum akhirnya melalui proses pengukusan.

Kue ini terkenal karena aroma pisangnya yang kuat dan tekstur kue ini juga sangat legit. Kue Barongko seringkali dijadikan hidangan sehari hari dan beberapa kali disajikan ketika ada perayaan masyarakat.


Itulah 3 makanan khas Pinrang yang bisa kamu cicipi. Apakah sangat mengggiurkan?