breaking news New

Resep Krengsengan Daging Sapi Khas Jawa Timur

Krengsengan merupakan olahan daging berbumbu manis gurih khas Jawa Timur. Berkuah kental kecokelatan dan memakai petis udang sebagai salah satu bumbunya. Aroma khas udang dan rasa manis petis membuat sajian ini legit unik rasanya. Selain daging sapi, daging kambing dan jeroannya atau daging ayam juga enak diolah jadi krengsengan. Karena dimasak hingga bumbu meresap dan daging empuk, krengsengan rasanya pekat gurih manisnya.

Bumbu-bumbu yang biasanya dipakai untuk membuat hidangan ini adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica dan pala yang dihaluskan. Kemudian ditambahkan pula kecap manis selain petis. Krengsengan memang khas menggunakan bumbu petis. Tapi, jika kamu tidak punya atau tidak suka petis, Anita menyarankan tidak menggunakannya juga tidak apa. Namun, hasil masakannya akan menyerupai semur daging.

Krengsengan paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat. Jangan lupa tambahkan cabai agar terasa lebih pedas dan membangkitkan selera. Berikut merupakan resep krengsengan daging sapi yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-Bahan:
1. 500 gram daging sapi, potong-potong
2. 2 sdm kecap manis
3. 1 sdm petis udang
4. 1 biji cabai rawit, atau sesuai selera
5. 600 ml air

Bumbu Halus:
1. 4 butir bawang merah
2. 2 siung bawang putih
3. 3 butir kemiri, sangrai
4. 4 buah cabai merah
5. ½ merica
6. 1 ruas jahe
7. 1 buah tomat
8. 1 sdt garam

Langkah Pembuatan:
1. Tusuk-tusuk daging menggunakan garpu. Lumuri seluruh permukaannya dengan bumbu halus. Simpan dan diamkan selama 1 jam dalam kulkas.
2. Masak daging tadi bersama bumbu rendaman di atas api kecil. Aduk-aduk hingga berubah warna.
3. Tambahkan air, kecap manis, dan petis. Aduk rata. Masak hingga daging empuk dan kuah mengental.
4. Tambahkan cabai rawit lalu aduk rata. Angkat.
5. Siap disajikan.

Tips:
Gunakan daging sapi bagian has dalam (tenderloin) karena teksturnya lebih empuk dan tidak alot.