Permainan Rounders Berasal Dari Negara Mana? Ini Sejarahnya

gambar tersebut menyebutkan tentang olahraga rounders gambar tersebut menyebutkan tentang olahraga rounders

Permainan Rounders Berasal Dari Negara Mana? Ini Sejarahnya

Mungkin masih banyak para atlet yang belum tahu betul permainan rounders berasal dari Negara mana. Ya, rounders merupakan salah satu olahraga yang tidak hanya mengandalkan kekuatan fisik semata. Namun, olahraga ini juga mengandalkan skill dan kekompakan antar tim.

Olahraga rounders ini mulai dikenal pada tahun 1889. Olahraga rounders ini mulai berkembang di Inggris. Olahraga ini memiliki aturan dan cara main yang mirip dengan Softball. Hanya saja, perbedaannya ada pada alat pemukul, bola, serta cara permainannya.

Olahraga rounders ini pun semakin berkembang pesat. Dan kemudian, olahraga rounders ini pun mulai berkembang di Indonesia. Akan tetapi, di Indonesia masih belum memiliki “wadah” dalam pengelolaannya.

Rounders di Indonesia masih dikelola oleh Persatuan Olahraga Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia atau Perbasi. Meskipun begitu, olahraga rounders sangat diminati dan telah masuk dalam kalender event olahraga terbesar di Indonesia, termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON).

Sejarah Singkat Permainan Rounders Berasal dari Negara Inggris

Perlu Anda ketahui bahwa olahraga rounders ini muncul dan berkembang di Inggris. Dikutip dari Britannica, olahraga yang memiliki kemiripan dengan softball maupun baseball ini berhasil didokumentasikan pada tahun 1744 dalam buku A Little Pretty Pocket Book. Buku tersebut ditulis oleh John Newbery.

Awalnya, olahraga rounders ini dimainkan oleh anak-anak. Mereka bermain game rounders sejak usia sekolah. Olahraga rounders pun semakin berkembang di dataran Inggris Raya. Selain di Inggris, olahraga rounders juga berkembang di Skotlandia hingga Wales.

Di tahun 1884, olahraga rounders kemudian dikelola secara profesional dengan membentuk Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia. Dan kemudian, pada tahun 1889, Inggris Raya resmi membuat organisasi untuk olahraga rounders.

Asosiasi Nasional Rounders Liverpool dan Rounders Skotlandia resmi dibentuk untuk mengelola olahraga rounders. Asosiasi ini mengajarkan tentang olahraga rounders. Selain itu, pihak asosiasi juga membuat event pertandingan resmi olahraga rounders.

Jadi, dapat dikatakan bahwa permainan rounders berasal dari Negara Inggris Raya. Dan kemudian, olahraga rounders ini semakin berkembang di beberapa Negara, termasuk Indonesia. Olahraga rounders ini populer pada tahun 1950.

Dan di tahun 1951, rounders resmi masuk dalam kalender olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON). Hingga kini, olahraga rounders semakin populer dan diminati banyak atlet di Indonesia.

Sebagai calon atlet, Anda wajib tahu apa saja perbedaan antara olahraga rounders dengan softball maupun baseball. Sebab, masih banyak atlet baru yang mengalami kebingungan terkait perbedaan olahraga rounders dengan softnball dan baseball.

Perbedaan Dasar dari Olahraga Rounders dengan Softball maupun Baseball

Secara garis besar, memang tidak ada perbedaan yang cukup mencolok antara olahraga rounders dengan softball atau baseball. Ketiga permainan ini membutuhkan kekompakan tim untuk memenangkan satu sesi permainan.

Selain itu, ketiga olahraga ini juga menggunakan alat pemukul serta bola khusus sebagai alat dalam bermain. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan dasar dari olahraga rounders dengan softball dan baseball. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Negara Asal Olahraga

Perbedaan pertama ini terkait dari Negara asal berkembangnya olahraga ini. Untuk olahraga softball dan baseball ini muncul dan berkembang di Amerika Serikat. Sedangkan permainan rounders berasal dari Negara Inggris.

  1. Alat Permainan Olahraga

Perbedaan kedua ada pada alat permainan olahraga. Untuk softball ini menggunakan alat pemukul yang terbuat dari besi. Dan menggunakan bola khusus yang terbuat dari bahan kulit.

Untuk baseball, menggunakan pemukul dari besi dan menggunakan sarung tangan berbahan dasar kulit. Untuk rounders menggunakan alat pemukul berbahan dasar dari kayu dan bola yang terbuat dari bahan kulit.

Peraturan Singkat tentang Olahraga Rounders Beregu

Sebelum bermain, Anda harus paham betul apa saja peraturan tentang olahraga rounders. Sebab, sebuah tim tidak dapat memenangkan pertandingan apabila belum memahami tentang peraturan permainannya.

Tercatat, ada banyak peraturan yang harus Anda ketahui sebelum bermain olahraga rounders. Pertama, menurut aturan permainan rounders berasal dari Negara Inggris, maka Setiap pertandingan dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 12 orang.

Satu tim bertugas untuk memukul dan berlari. Dan satu tim lainnya bertugas untuk menangkap serta melempar bola ke seorang pelari. Dibutuhkan kerja sama dalam bermain olahraga rounders untuk mendulang poin.

Peraturan kedua, lapangan olahraga rounders ini memiliki ukuran 15 meter dan berbentuk segi 5. Setiap sudut memiliki base atau tempat untuk pelari hinggap. Apabila Anda berhasil memukul bola dan kemudian pelari berhasil mencapai 5 sudut sebelum bola dilempar ke tim lawan, maka Anda berhasil mendapat 1 poin.

Apabila Anda tidak berhasil hinggap ke 5 sudut lapangan, maka lawan akan mendapat 1 poin dan menjadi tim pemukul. Dan bila pelari terkena lemparan bola dari lawan, maka tim lawan berhak mendapat 2 poin. Jadi, permainan rounders berasal dari Negara Inggris. Sehingga banyak istilah peraturan menggunakan bahasa asing.

Peraturan ketiga, alat pemukul bola rounders ini terbuat dari kayu. Alat pemukul memiliki ukuran 50 hingga 80 cm dengan diameter sekitar 7 cm. Selain itu, bola rounders ini terbuat dari bahan kulit maupun karet. Berat bola rounders ini sekitar 70 atau 80 gram.

Rounders merupakan salah satu olahraga tertua di dunia. Olahraga ini mirip dengan softball maupun basaeball. Permainan rounders berasal dari Negara Inggris yang kemudian populer di semua Negara, termasuk Indonesia.